Sejarah Perbankan
Sejarah perbangkan mencatat mula nya dikenalnya dengan kegiatan perbankan adalah pada kerajaan tempo dulu di daratan eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke asia barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di asia,afrika dan Amerika. dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan operasional perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang ini kegiatan simpanan. Berikutnya kegiatan perbankan bertambah dengan kegiatan peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada masyarakatyang membutuhkannya. Jasa-jasa bank lainnya menyusul sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.
Pengertian Bank
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidur rakyat banyak.
Dari pengertian di atas dapat dijelaskan secara lebih luas lagi bahwa bank merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, artinya aktivitas perbankan selalu berkaitan dalam bidang keuangan. Secara bahasa kata bank berasal dari bahasa italia bancaatau uang. Biasanya bank menghasilkan untung dari biaya transaksi atas jasa yang diberikan dan bunga dari pinjaman.
CONTOH SECURITY
Bank Mandiri selalu berusaha untuk meningkatkan keamanan bagi pelanggan yang bersedia melakukan layanan perbankan internet. Ini adalah komitmen kuat kami untuk menjaga rahasia semua pelanggan pada keuangan dan informasi pribadi. Dalam rangka untuk memenuhi harapan pelanggan `atas jaminan untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi, Mandiri internet banking menggunakan beberapa sistem:
User ID dan PIN (Personal Identification Number). Ini adalah pelanggan `kode rahasia. Otorisasi sepenuhnya diberikan kepada pelanggan. Untuk login Mandiri internet banking, pelanggan diharuskan untuk mengisi user ID dan PIN. Melakukan transaksi keuangan, pelanggan akan sekali lagi bertanya kepada mereka PIN untuk keperluan verifikasi. Sistem ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan menjadi disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab pada situasi saat komputer ditinggalkan dan masih online.
Otomatis log out. Mandiri Internet Banking akan secara otomatis log out jika dalam waktu 10 menit tidak akan ada kegiatan.
SSL 128-bit enkripsi. semua data di internet banking mandiri dikirimkan melalui protocol secure socket layer (SLL). Sebuah standar untuk sistem pengiriman keamanan di internet.Protokol SSL akan mengacaukan data yang dikirim dan mengubahnya menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit.
Firewall adalah alat yang berfungsi untuk membatasi dan memastikan bahwa hanya Bank Mandiri pelanggan yang memenuhi syarat untuk mengakses Internet Mandiri sistem perbankan.
Untuk perlindungan pribadi Anda:
Pastikan Anda mengetik alamat yang benar: www.bankmandiri.co.id, benar hari, tanggal dan jam. Untuk menghindari kesalahan, Anda disarankan untuk menambahkan alamat situs ke dalam menu Favorite (jika anda alis dengan Internet Explorer)atau Bookmarks(jika anda alis dengan netscape comunicator).
Pastikan bahwa halaman Anda akan terbuka adalah milik Bank Mandiri. Anda harus menemukan http://www.bankmandiri.co.id alamat di bidang Anda, lalu klik tombol login alamat diajukan, Anda akan melihat https: / / ib.bankmandiri.co.id.
Pastikan Anda melihat tanda gembok di bagian bawah sudut kanan. Ini merupakan tanda untuk menunjukkan bahwa Anda memasuki kawasan aman. Untuk lebih meyakinkan bahwa Anda log in ke internet banking Mandiri server, Anda dapat memeriksanya melalui Bank Mandiri `s Certificate Authority dengan hanya klik tanda gembok. Jika Anda tidak melihat tanda gembok, sangat dianjurkan untuk segera log out dari sistem. Anda harus mengulangi langkah yang sama untuk log in
Untuk keamanan Anda, Bank Mandiri akan mengirim akses Anda baik ID dan PIN, secara terpisah. ID akses anda akan mengirim e-mail kepada Anda, sementara PIN mailer harus dijemput di cabang di mana Anda terdaftar.
Pastikan komputer Anda bebas dari virus.
Tips untuk melaksanakan transaksi perbankan internet:
Jangan biarkan orang lain mengetahui User ID dan PIN. Bahkan tidak memberi tahu User ID dan PIN untuk Bank Mandiri staf, pelanggan peduli atau petugas Bank Mandiri
Jika Anda merasa bahwa orang lain mungkin tahu nomor PIN Anda, segera mengubah ID dan melaporkannya kepada customer care Bank Mandiri petugas
Jangan meninggalkan komputer ketika masih login. Pastikan Anda telah log out sebelum Anda meninggalkan komputer Anda
Jangan membuat nomor PIN berdasarkan dari: tanggal lahir, nomor telepon rumah, nomor pelat kendaraan, atau informasi lain yang orang-orang akan mudah ingat atau mengandung arti tambahan
Jangan membuat PIN dengan angka yang ditertibkan, seperti 123.456
Jangan membuat PIN yang didasarkan pada angka ulang, seperti: 111.111
Jangan menuliskan PIN di tempat-tempat di mana orang bisa dengan mudah menemukan seperti: agenda atau kalender
Jangan membuat PIN yang mirip dengan User ID
Baca dengan teliti instruksi sebelum mengisi PIN Anda
Tuliskan nomor transaksi Anda hanya dilaksanakan
Jika Anda salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut, sistem akan secara otomatis memblokir akses Anda. Untuk mengaktifkan akses, Anda harus menghubungi Call Mandiri (021) 5299-7777 atau e-mail ke customer.care @ bankmandiri.co.id, Customer Care akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk keperluan otentikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar